Salah satu strategi
promosi yang sering digunakan para pengusaha untuk mengenalkan produk mereka yaitu
dengan mengikuti pameran. Pameran merupakan ajang untuk mengenalkan produk dan
ajang untuk meningkatkan penjualan dengan menjaring konsumen sebanyak –
banyaknya.
Berkembangnya event
pameran yang diadakan pemerintah maupun berbagai perusahaan event organizer,
memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usaha
kecil. Sebagian besar UKM mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya, selain
itu ketatnya persaingan bisnis juga memaksa mereka untuk mempromosikan
bisnisnya ke pasar. Dengan adanya pameran, para UKM dapat mempromosikan produk
mereka langsung dengan terjun melihat peluang pasar bagi produk mereka.
Selain itu pameran
juga memberikan banyak manfaat bagi usaha Anda, bila ingin mengetahui manfaat
pameran bagi perkembangan bisnis, antara lain sebagai berikut :
1. Sebagai sarana
mengenalkan produk baru
Pameran bisa digunakan
sebagai ajang untuk mengenalkan produk baru, sehingga masyarakat luas
mengetahui adanya produk baru yang Anda ciptakan. Selain itu Anda juga bisa
mempromosikan produk dengan membagikan contoh produk, brosur atau pamphlet,
serta kartu nama perusahaan. Sehingga makin banyak masyarakat yang mengenal
produk Anda.
2. Mengenalkan produk
dengan inovasi baru
Selain produk baru,
pameran juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan produk lama yang
diberikan inovasi baru. Sehingga masyarakat luas mengetahui adanya pembaruan
produk yang Anda lakukan, agar konsumen lama Anda tiak merasa bosan dengan
produk yang sudah ada. Dan pelanggan baru juga bisa merasakan inovasi baru yang
dimiliki produk Anda.
3. Memperkuat citra
perusahaan
Jika produk Anda sudah
berhasil diterima pasar, melalui pameran Anda dapat memperkuat image atau citra
perusahaan. Tunjukan eksistensi perusahaan Anda dengan memberikan pelayanan
yang terbaik bagi para konsumen, untuk meningkatkan empati masyarakat dan
menanamkan citra baik perusahaan Anda dimata para konsumen.
4. Mengetahui
informasi mengenai pesaing
Pameran bisanya
diikuti banyak pelaku usaha, tidak menutup kemungkinan pelaku usaha di bidang
yang sama juga mengikuti pameran tersebut. Kesempatan tersebut dapat Anda
manfaatkan untuk mengetahui informasi mengenai perusahaan pesaing, dari mulai
harga yang ditetapkan pesaing, produk unggulannya, peralatan yang digunakan,
atau sekedar mengetahui perkembangan bisnis mereka.
5. Survey pasar
melalui pameran
Melalui pameran Anda
dapat melakukan survey pasar, dengan melihat seberapa besar minat pengunjung
pameran terhadap produk Anda. Dari hasil penjualan selama pameran, dapat
dijadikan sebagai bahan evaluasi, dan untuk menentukan strategi bisnis ke
depannya.
6. Meningkatkan
kualitas SDM dan teamwork
Dengan mengikuti
pameran, Anda juga menilai kualitas SDM serta teamwork yang Anda miliki.
Setidaknya Anda bisa melihat kemampuan SDM marketing dalam melayani pengunjung
dan melihat kemampuan kerjasama tim dalam meningkatkan penjualan
produk selama pameran.
Saat ini kegiatan
pameran sering diadakan oleh perusahaan event organizer, ini ada
untung dan ruginya. Keuntungan adanya pameran yaitu para UKM terbantu untuk
mengenalkan produknya, namun ada pula ruginya karena tidak semua pameran ramai
dikunjungi konsumen. Oleh karena itu Anda harus jeli dalam memilih kegiatan
pameran yang ditawarkan. Sebelum mengikuti sebuah pameran, Anda harus
memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
- Carilah informasi mengenai siapa, kapan dan dimana penyelenggara pameran tersebut. Biasanya pameran yang diselenggarakan organisasi besar, memiliki sumber daya dan strategi pemasaran yang lebih baik.
- Cek terlebih dahulu mengenai jumlah pengunjung pameran. Ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung pameran terakhir yang diadakan organisasi tersebut. Hindari pameran yang jumlah kunjungannya cenderung sedikit. Selain itu sebagai bahan pertimbangan, Anda juga bisa melihat testimoni dari para peserta pameran sebelumnya.
- Berapa banyak stand yang ditawarkan dan berapa biaya yang ditawarkan. Sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengikuti pameran, mintalah kepastian dari panitia mengenai jumlah stand yang diperbolehkan ikut pameran.
- Tanyakan sarana pendukung pameran, jangan mengiyakan sebuah pameran jika Anda belum mengetahui tentang sarana promosi yang diberikan selama pameran berlangsung. Perhitungkan juga antara biaya yang Anda keluarkan untuk mengikuti pameran dengan sarana yang diberikan panitia. Bila dirasa tidak seimbang, lebih baik jangan mengambil pameran tersebut.
Strategi promosi melalui pameran, dapat Anda coba untuk memasarkan bisnis yang Anda jalankan saat ini. Dengan mengikuti pameran yang sesuai dengan kebutuhan sebuah bisnis , akan sangat membantu pemasaran bisnis yang Anda tekuni tersebut.
Semoga sedikit
informasi pemasaran bisnis ini dapat
bermanfaat, salam sukses.
~ chilo ~
Tidak ada komentar:
Posting Komentar